Persaudaraan dari Kolam Kebanggaan

Pantai selatan Malang menyimpan sejuta potensi untuk memancing. Beberapa kali di kawasan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini...

RFC Lomba Mancing di Malang Selatan (Tips memancing di laut selatan)

Pantai selatan Malang menyimpan sejuta potensi untuk memancing. Beberapa kali di kawasan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini diadakan even lomba mancing maupun shooting acara mancing di televisi.

Dari Rolax ke Malang Selatan..
Pantai Tamban mempunyai kelebihan pemandangan dengan pasir putih yang membentang luas. Dapat memancing sekaligus rekreasi. Selain Pantai Tamban terdapat beberapa spot pantai selatan yang cukup potensial seperti Pantai Sendang Biru, Pantai Bajul Mati, sampai Pantai Ngliyep.
..pelampung depan..

Teknik yang dipakai biasa menggunakan umpan hidup atau dengan umpan mainan (jigging maupun casting). Jika tidak menggunakan perahu atau mabuk saat naik perahu bisa menggunakan teknik memancing di atas tebing (rockfishing).
Umumnya di malang selatan bisa dilakukan 2 teknik mancing sebagaimana penuturan dari pemancing lokal (Rifzan_Mz anggota fishyforum.com):

"1. Aluran
 di pantai Balekambang & Kondang Merak, ngalur ini harus tahu jam-jam arus surut, karena mancingnya pada saat kondisi laut surut saja, apabila kondisi laut pasang selesai sudah mancingnya. ikan yang didapat biasanya "Luri'an" istilah orang sana, klo dapat biasanya ikan ini lumayan besar, min 3 kg, tergantung mata kail dan umpannya, tapi bisa juga klo mau mancing ikan kecil kecil.
 ngalur ini kagak enaknya harus berbasah-basahan, jadi mancing sambil berendam +- sepinggul sampai sedada. selain luri'an sering juga kakap merah.

2.  Tebingan
 Sendang biru --> Pathu'an, watumejo, waru doyong atau di pulau sempu sebelah barat.
 Bajulmati --> dipasiran bajulmati, Nglepek / lepe'an, pawonan.
 Balekambang --> Sirapan (batu karang yang menjorok ke laut) lebih deket lewat kondang merak,
 Ngudel, Wonogoro, Ngantep, Taman Ayu, Muncaran
 Kondang Merak --> Watujugruk, Alang-alang, banyak tempat tapi kagak tahu namanya"

..Tebing Pantai Selatan...
Ikan target yang umum di area spot pantai selatan adalah ikan Tengiri, Giant Travely (GT), Tongkol Karas. Ikan yang umumnya terselamatkan adalah Kerapu, kakap, Luri'an, Moto Bongkot, Glemboh, Bandeng Laut, Putihan, Pari, edor-edor, dan mungsing.  


..on the boat...
Resiko pasti ada dalam setiap aktivitas termasuk memancing di laut selatan yang terkenal memiliki ombak yang dasyat, ketika hujan deras dapat berpotensi badai. Oleh karena itu, perlu kewaspadaan dan kemampuan membaca isyarat alam agar sluman, slumun dan slamet saat maupun setelah mancing.
Tips mancing di laut selatan:
  1. Usahakan datang berkelompok, untuk efisiensi biaya sewa kapal;
  2. Safety first. Selalu membawa pelampun, peluit, senter, bendera semapur, dan usahakan menggunakan baju yang berwarna mencolok (Merah atau Orange);
  3. Persiapan badan yang sehat dan jiwa yang kuat. Tetap tegar saat naik perahu dengan ombak yang bisa membuat jantung copot dan muntah di tempat; 
  4. Jika menggunakan teknik mancing di tebing, carilah tebing yang berkontur landai, sering dipakai mancing dan ada 'lubang perlindungan' jika sewaktu-waktu badai bisa cepat mencari tempat bernaung; 
  5. Saat cuaca mulai mendung dan berpotensi hujan petir, usahakan mematikan alat komunikasi yang mengandung sinyal dan listrik. Hindari tempat tinggi dan lapang; 
  6. Membaca doa sebelum memasuki area spot agar hati tenang dan selalu dalam lindungan-Nya.

..omset.

4 comments: